Inilah Kriteria Santri yang Bisa Ikut Program Beasiswa Santri Berprestasi 2019

Santri di Indonesia
Santri di Indonesia (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) akan mulai dibuka pada 1 April 2019 mendatang. Pada tahun ini calon pelamar PBSB 2019 bisa memilih 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan 7 Perguruan Tinggi Umum.

Jumlah peserta seleksi dibatasi dengan kuota yang ditentukan masing-masing Kanwil Kemenag Propinsi berdasarkan pertimbangan dan kebijakan yang berlaku.

BACA JUGA:
Ini Visi Pendidikan Ma’ruf Amin Vs Sandiaga Uno, Menurut Kalian?
Kezia Tanesha Susanto: Tips Lulus SMA Langsung Dapat Beasiswa Hingga Master di Oxford
Beasiswa itu Tidak Jatuh dari Langit, Indy Hardono: Pahami 2 Hal Ini

Berikut ini kriteria lengkap PBSB 2019, simak baik-baik ya:

  • Santri pondok pesantren yang telah memiliki Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP) dan telah terdata di Kemenag
  • Santri yang belajar pada tingkat akhir dan lulus pada tahun 2017, 2018 dan 2019 di Madrasah Aliyah (MA) yang berada di naungan pondok pesantren atau santri lulusan Pendidikan Diniyah Formal Ulya, atau pesantren muadalah atau pesantren Salafiyah pada tahun 2017, 2018 dan 2019.
  • Santri mukim minimal 3 tahun berturut-turut;
  • Berusia maksimal (per 1 Juli 2019) 20 tahun untuk santri tingkat akhir pada MAS (lahir pada tanggal 1 Juli 1999, 2 Juli 1999, dan seterusnya) dan 23 tahun untuk santri lulusan Satuan Pendidikan Muadalah/Pendidikan Diniyah Formal/ Pesantren Salafiyah dengan ijazah paket C yang diselenggarakan oleh pondok pesantren (lahir pada tanggal 1 Juli 1996, 2 Juli 1996, dan seterusnya)
  • Memiliki akhlaq terpuji dan direkomendasikan oleh Pengurus Pondok Pesantren dibuktikan dengan surat dari Pimpinan Pesantren Asal Santri
  • Memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan piagam atau sertifikat
  • Diutamakan santri berprestasi berasal dari keluarga kurang mampu.

Kriteria Khusus:

  • Ketentuan untuk pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Santri lulusan Madrasah Aliyah (MA), Pesantren Muadalah, Pesantren Salafiyah dengan Ijazah Paket C, hafal (Hifdzu) minimal 10 Juz dan Hifdzu Al-Qur’an 30 Juz merupakan persyaratan kelulusan program S1 peserta PBSB pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  • Bagi Santri yang berminat untuk studi pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Wajib mengupayakan serta mempertahankan Hifdzu Al-Qur’an 3 Juz dan Hafal 100 Hadist pada saat menyelesaikan studi pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Bagi Santri yang berminat pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung wajib Hifdzu Al-Qur’an 3 Juz.

Kamu santri yang tertarik dengan beasiswa ini? Silakan daftar mulai 1 April Mendatang dengan KLIK: Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2019 (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*