Kisah Cokelat untuk Valentine, Bagaimana Asal-Usulnya?

Ilustrasi: Cokelat Valentine (Ist.)
Ilustrasi: Cokelat Valentine (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 14 Februari, kita merayakan hari Kasih Sayang alias Valentine. Di beberapa negara, Valentine merupakan waktu untuk berlibur dan mengungkapkan kasih sayang kepada orang-orang yang dicintai.

BACA JUGA:

Nah, selain itu, Valentine juga identik dengan penganan manis, cokelat. Mengapa cokelat bisa diidentikan dengan Valentine? Inilah penjelasannya:

Menurut Profesor Rebecca Earle yang mempelajari sejarah makanan, kisah cokelat ini bermula pada era Ratu Victoria di Inggris, di mana cokelat dijadikan sarana para pria untuk merayu, bahkan melamar perempuan pujaan hatinya. Profesor Earle menyatakan bahwa memberikan sekotak cokelat untuk perempuan muda adalah cara pria memperlihatkan kasih sayangnya.

Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa kandungan dalam cokelat dapat membangkitkan rasa senang dalam diri seseorang. Cokelat mengandung triptofan dan phenylethylamine, yaitu dua bahan kimia yang bisa mempengaruhi pusat kesenangan di otak. Selain itu, cokelat telah terbukti untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.

Jika melongok sejarah, cokelat telah menjadi makanan dalam komunitas Suku Aztec di daratan Amerika Selatan. Kaisar terkenal Montezuma dikabarkan menggunakan biji kakao itu untuk memicu suasana pertemuan menjadi romantis.

Adalah bangsa Spanyol yang membawa biji cokelat ke Eropa. Banyak eksperimen yang dilakukan untuk mengolah biji cokelat itu. Hingga pada 1847, biji cokelat itu mampu diolah menjadi permen. Ketika ia ditambah dengan campuran susu, jadilah permen cokelat susu yang kala itu digemari masyarakat Eropa.

Richard Cadbury. (Ist.)

Kepopuleran cokelat ini tak lepas dari Richard Cadbury, putra kedua dari pendiri pabrik cokelat Cadbury, pada abad ke-19. Ia menemukan cara mengolah cokelat batangan dengan cita rasa nikmat, tapi dengan harga yang terjangkau. Richard juga mengemas cokelat dalam bentuk dan kemasan yang ciamik sehingga merangsang pembeli. Ia menambahkan ornamen cupid dan bunga mawar. Cadbury juga berhasil menjadi orang pertama yang menciptakan kotak cokelat berbentuk hati dan khusus untuk merayakan Hari Valentine.

Nah, kamu sudah menyiapkan cokelat Valentine untuk orang-orang kamu sayangi? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*