UI Geser UGM, Inilah 50 Besar Peringkat Universitas di Indonesia Versi Webometrics

Ilustrasi: Universitas Indonesia. (Ist.)
Ilustrasi: Universitas Indonesia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Webometrics Ranking of World Universities 2020 menempatkan Universitas Indonesia (UI) sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. UI juga menempati urutan ke-10 sebagai universitas terbaik di Asia Tenggara. Sementara di tingkat global, UI menempati ranking ke-766.

UI menggeser Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang satu tahun lalu menempati peringkat pertama di Indonesia. Peringkat dunia UI juga melompat karena tahun lalu berada di peringkat ke-855.

BACA JUGA:

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi se-dunia dengan berbasis website. Webometrics meyakini bahwa kehadiran dan visibilitas website sebuah perguruan tinggi dapat dijadikan indikator kinerja sebuah universitas. Indikator ini mempertimbangkan komitmen pengajaran, hasil penelitian, prestise internasional, serta hubungan dengan masyarakat, termasuk sektor industri dan ekonomi.

Pemeringkatan ini dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol dengan menilai lebih dari 19 ribu lembaga perguruan tinggi di dunia. Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi website perguruan tinggi, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya.




5 Comments

  1. Universitas Padjajaran (UNPAD) yg banyak melahirkan tokoh hebat di negeri ini, kemana hilangnya?
    Untuk perrguruan tinggi dalam negeri kalau lebih fair cari data yg bersumber dari menristekdikti yg lebih tahu isi dapur setiap perguruan tinggi di indonesia… ini laporan asing yg gak jelas metodenya

    • Saya alumni UNPAD lulusan 2018. Tetapi harus diakui kalo lihat kenyataannya, melahirkan banyak tokoh hebat bukana berarti bakalan long lasting kehebatannya.
      Melahirkan banyak tokoh hebat itu kehebatan di masa lampau, dan itu dibuktikan dengan tingginya rank UNPAD pada tahun-tahun sebelum ini.
      Tetapi kalo menilai keadaan yang SEKARANG, kita ga bisa pake indikator “melahirkan banyak tokoh hebat”, karena bukan hal yang relevan untuk menilai ranking atas performa tahun ini dengan output yang sudah dijadikan penilaian pada tahun-tahun sebelumnya.

      Sekadar tambahan, penilaian webometrics itu umumnya berdasarkan kualitas dan kuantitas webcontent yang related dengan universitas tersebut. Jadi, menurut cara pandang saya, webometrics menilai suatu universitas berdasarkan kontribusi universitas tersebut di dunia penelitian.
      Nah dari sini silahkan dirkitisi sendiri lanjutannya 🙂

  2. alumni UNS terus lari mengejar mimpi, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas… utk keselamatan dan perlindungan kita semoga allah bersama kita UNS sentausa, kuat perkasa…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*