Sebelum Belajar Tatap Muka Dibuka, Wali Kota Surabaya: Guru dan Murid Harus Test Swab Semua

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (KalderaNews/Ist)

SURABAYA, KalderaNews.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan beberapa pesan kepada para Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta di Surabaya supaya diteruskan kepada para guru untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama ketika berada di luar rumah.

“Karena itu bapak ibu sekalian saya mohon bantuan semuanya agar disampaikan ke para guru. Jadi jangan bergerombol, kita tidak tahu siapa yang sakit. Mungkin kita kuat tapi yang tertular belum tentu kuat,” tegasnya saat video teleconference (vidcon) dengan para kepala sekolah di rumah dinasnya Sabtu, 26 September 2020.

Bagi Wali Kota Risma, guru adalah sosok penting dalam membentuk karakter anak-anak Surabaya. Karenanya, ia tak ingin ada guru yang sampai sakit karena tertular Covid-19. Untuk itu, cara satu-satunya agar terhindar dari virus tersebut adalah dengan disiplin memakai maker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

BACA JUGA:

“Jadi karena itu saya mohon sekali dengan hormat tolong jaga jarak, gunakan masker dan rajin cuci tangan. Saya mohon dengan hormat panjenengan (anda) semuanya mengikuti apa yang saya sampaikan,” pesannya.

Ia pun menegaskan sebelum kegiatan belajar dan mengajar melalui tatap muka diterapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan memastikan terlebih dahulu kalau semua warga di sekolah itu benar-benar sehat. Sebab, ia tak ingin sampai terjadi klaster di lingkungan sekolah.

“Misalnya ada satu orang siswa positif, apa gurunya nanti tidak tertular? Jadi makanya sebelum belajar tatap muka dibuka, murid juga harus kita test swab semua. Jadi nanti kalau selesai guru, akan kita tes swab muridnya.”

Diberitakan KalderaNews sebelumnya, Kajian Sekolah Tatap Muka di Surabaya Tinggal Finalisasi. Terkait metode pembelajaran maupun tahapan protokol kesehatan di sekolah saat ini semuanya sudah disiapkan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*