Selamat! Inilah 87 Siswa di DKI Jakarta yang Lolos KSN-P Menuju KSN 2020 Jenjang SMA di Bangka Belitung




Peserta OSN Kebumian Tingkat SMA di Manado
Peserta OSN Kebumian Tingkat SMA di Manado (KalderaNews/psma.kemdikbud)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 87 siswa di DKI Jakarta dinyatakan lolos seleksi dalam Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun 2020. Selanjutnya, ke-87 siswa ini akan mewakili Provinsi DKI Jakarta di Kompetisi Sains Nasional yang rencananya akan diselenggarakan secara normal di Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 20-26 September 2020.

Berdasarkan dokumen yang didapatkan KalderaNews, ke-87 siswa yang akan mewakili Provinsi DKI Jakarta ini berasal dari berbagai sekolah negeri dan swasta. Siapa saja peserta didik yang memiliki kemampuan lebih di bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi yang akan mewakili DKI Jakarta tersebut?

JADWAL TERBARU KSN 2020: KSN Jenjang SD, SMP, SMA 2020 Dihelat Secara Daring pada Oktober-November 2020 Berikut Jadwal Terbarunya

Berikut ini daftar lengkap 87 peserta KSN 2020 jenjang SMA yang lolos KSN-P dan akan mewakili DKI Jakarta di KSN di Bangka Belitung dan asal sekolah mereka:

87 siswa di DKI Jakarta dinyatakan lolos KSN-P dan akan mewakili DKI Jakarta di KSN jenjang SMA di Bangka Belitung
87 siswa di DKI Jakarta dinyatakan lolos KSN-P dan akan mewakili DKI Jakarta di KSN jenjang SMA di Bangka Belitung (KalderaNews/JS de Britto)
87 siswa di DKI Jakarta dinyatakan lolos KSN-P dan akan mewakili DKI Jakarta di KSN jenjang SMA di Bangka Belitung
87 siswa di DKI Jakarta dinyatakan lolos KSN-P dan akan mewakili DKI Jakarta di KSN jenjang SMA di Bangka Belitung (KalderaNews/JS de Britto)

Diketahui, sebanyak 13.819 siswa dari seluruh Indonesia mengikuti KSN-P yang diselenggarakan secara daring pada 10-14 Agustus 2020 lalu. Karena daring makanya peserta KSN-P mengerjakan soal-soal yang diujikan secara daring dengan gawai yang terhubung ke internet. Bidang lomba dalam KSN meliputi sembilan bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

BACA JUGA:

Pada hari Senin (10/8), bidang yang dilombakan adalah Fisika dan Biologi, pada hari Selasa (11/8) dilombakan Matematika dan Kimia, pada hari Rabu (12/9) diujikan Informatika dan Astronomi, hari Kamis (12/9) diujikan Geografi dan Kebumian,dan pada hari Jumat (13/9) diujikan Ekonomi.

KSN tahun 2020 mengusung tema “Sains sebagai Jalan Peradaban” dan dengan tagar #berprestasidarirumah. Pelaksanaan KSN bertujuan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik di bidang sains. Penyelenggaraan KSN juga sebagai penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta kompetisi sains tingkat internasional.

Hasil KSN tahun 2020 menjadi pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional tahun 2021, seperti International Mathematical Olympiad (IMO) di Washington DC, Amerika Serikat, International Physics Olympiad (IPhO) di Belarusia, International Chemistry Olympiad (IChO) di Osaka, Jepang dan International Olympiad in Informatics (IOI) di Mesir.

Ada pula International Biology Olympiad (IBO) di Lisbon, Portugal, International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) di Ukraina, International Earth Science Olympiad (IESO) di Beijing, China, International Geography Olympiad (IGeO) di Bandung, Indonesia dan International Economics Olympiad (IEO) di Qatar. Selamat kepada para siswa di DKI Jakarta yang lolos.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*