KSN Jenjang SD, SMP, SMA 2020 Dihelat Secara Daring pada Oktober-November 2020 Berikut Jadwal Terbarunya

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Vs Kompetisi Sains Nasional (KSN)
Olimpiade Sains Nasional (OSN) Vs Kompetisi Sains Nasional (KSN) (KalderaNews/Malena)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pusat Prestasi Nasional telah resmi mengumumkan bahwa seluruh kegiatan pengembangan prestasi peserta didik, karena situasi pandemik yang belum mereda, akan dilakukan secara daring (virtual) untuk seluruh bidang lomba/festival untuk seluruh jenjang mulai dari tingkat daerah hingga ke tingkat internasional.

“Berbagai lomba/festival di bidang sains, seni, literasi, bahasa, vokasi, kewirausahaan, dan olahraga, kami adaptasi secara daring dalam berbagai wujud aplikasi yang bisa diakses oleh peserta didik yang harus tetap berada di rumah,” tegas Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, M.Si melalui surat edarannya seperti dilansir dari situs resmi Pusat Prestasi Nasional.

Ia menambahkan semua kegiatan festival/lomba menghendaki peserta didik tetap di rumah. Marwah kompetisi dan integritas akan sangat tergantung pada diri peserta didik sendiri dan orang tua/keluarga di rumah.

BACA JUGA:

“Kami telah mengatur agenda umum pelaksanaan kegiatan lomba/festival secara tematik setiap bulan pada sisa tahun pandemik: September: prestasi bidang seni, bahasa, dan literasi. Oktober: prestasi bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi. November/Desember: prestasi bidang vokasi, olahraga dan kesehatan jasmani,” tandasnya.

Karena serba daring, Pusat Prestasi Nasional juga telah menjadwalkan pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 Jenjang SD, SMP, SMA pada Oktober-November 2020 yang secara lebih rinci sebagai berikut:

  • Kompetisi Sains Nasional (KSN) Daring 2020 Jenjang SD dilaksanakan pada 31 Oktober – 5 November 2020
  • Kompetisi Sains Nasional (KSN) Daring 2020 Jenjang SMP dilaksanakan pada 31 Oktober – 5 November 2020
  • Kompetisi Sains Nasional (KSN) Daring 2020 Jenjang SMA dilaksanakan pada 12 Oktober – 17 Oktober 2020

Tak hanya untuk Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020, Pusat Prestasi Nasional juga menegaskan berbagai lomba mulai Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), Gala Siswa Indonesia (GSI), lomba sepakbola jenjang SMP, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES), Kompetisi Penelitan Siswa Indonesia (KOPSI), Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) hingga Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK dan Pendidikan Khusus dilakukan secara daring.

Begitu juga denfan kompetisi internasional di semua jenjang secara umum dibatalkan, kecuali untuk beberapa olimpiade sains tingkat SMA (ICHO, IBO, IEO, IOI, IESO, IOAA), lomba peneltian internasional (YIC) tetap dilaksanakan secara daring, dan festival seni poster (IHSAF) di Jepang.

Agenda Pengembangan Prestasi Peserta Didik yang dikeluarkan Pusat Prestasi Nasional, termasuk di dalamnya Jadwal KSN SD, KSN SMP dan KSN SMA 2020 secara daring/virtual
Agenda Pengembangan Prestasi Peserta Didik yang dikeluarkan Pusat Prestasi Nasional, termasuk di dalamnya Jadwal KSN SD, KSN SMP dan KSN SMA 2020 secara daring/virtual (KalderaNews/JS de Britto)

“Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab kita semua dan orang tua/keluarga Indonesia untuk menjaga semua proses ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, sehat, tertib, penuh integritas dan keteladanan. Kita semua yakin, peserta didik Indonesia adalah generasi yang tangguh dan penuh integritas,” tandasnya.

Ia menambahkan sejumlah penyesuaian dan adaptasi program/kegiatan di tingkat daerah dan perguruan tinggi kiranya masih dapat Bapak/Ibu lakukan di tengah berbagai keterbatasan karena krisis pandemi ini.

“Koordinasi yang intens kami lakukan sejauh ini dengan para pejabat/penanggung jawab program di Dinas Pendidikan, para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan alumni, dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di seluruh Indonesia. Peran Daerah dan Perguruan Tinggi sangat diperlukan dalam bergotong royong (koordinasi, pembinaan, pemantauan, dan memberi masukan) mengembangkan prestasi peserta didik dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Berikut ini informasi dan jadwal lengkap berbagai pelaksanaan kegiatan masa Covid-19 yang dikoordinasi oleh Pusat Prestasi Nasional Secara Daring/Virtual pada 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*