Inilah Trio Amerika-Inggris Peraih Nobel Kedokteran 2020

Trio Nobel Kedokteran 2020: Harvey Alter, Charles Rice dan Michael Houghton memenangkan Hadiah Nobel Kedokteran 2020 untuk penemuan terkait virus Hepatitis
Trio Nobel Kedokteran 2020: Harvey Alter, Charles Rice dan Michael Houghton memenangkan Hadiah Nobel Kedokteran 2020 untuk penemuan terkait virus Hepatitis (Claudio Bresciani/TT via AP)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Warga Amerika Harvey J. Alter dan Charles Rice bersama dengan warga Inggris Michael Houghton memenangkan Hadiah Nobel Kedokteran pada Senin ini untuk penemuan terbarunya terkait virus Hepatitis C.

Ketiganya diganjar Nobel atas “kontribusi yang menentukan untuk memerangi hepatitis yang ditularkan melalui darah dan hingga kini masih menjadi masalah kesehatan secara global yang menyebabkan sirosis dan kanker hati pada manusia di seluruh dunia,” kata Komite Nobel seperti dilansir dari AFP.

Komite Nobel menegaskan pekerjaan mereka sejak tahun 1970-an dan 1980-an telah membantu menyelamatkan jutaan nyawa.

BACA JUGA:

Hingga kini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saja memperkirakan ada sekitar 70 juta orang terinfeksi Hepatitis C di seluruh dunia dan ada sekitar 400.000 kematian setiap tahunnya karenanya. Biasanya, Hepatistis C ini ditandai dengan nafsu makan yang buruk, muntah, kelelahan dan penyakit kuning.

Ilmuwan Amerika Baruch Blumberg sebenarnya telah menemukan virus hepatitis B pada tahun 1967 dan menerima Hadiah Nobel tahun 1976 dalam bidang kedokteran, tetapi penemuannya tidak menjelaskan semua kasus hepatitis kronis, penyakit yang menjadi lebih umum dan bahkan pada orang sehat yang telah menerima atau memberikan darah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*