Selamat Bertanding, Kompetisi Sains Nasional SMA/MA 2020 Resmi Dibuka

Ilustrasi: Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 untuk jenjang SMA/MA sudah dimulai. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 untuk jenjang SMA/MA sudah dimulai. (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)

JAKARTA, KalderaNews.com – Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud resmi membuka Kompetisi Sains Nasional secara virtual. Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 dibuka untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA).

KSN SMA/MA akan berlangsung hingga 17 Oktober 2020. Ada sembilan bidang lomba KSN SMA/MA, yakni Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Informatika Komputer, Kebumian, Kimia, dan Matematika.

BACA JUGA:

Nah, untuk jumlah peserta KSN SMA/MA 2020 sebagai berikut:

  • Astronomi 99 peserta
  • Biologi 100 peserta
  • Ekonomi 100 peserta
  • Fisika 100 peserta
  • Geografi 100 peserta
  • Informatika Komputer 99 peserta
  • Kebumian 100 peserta
  • Kimia 100 peserta
  • Matematika 100 peserta.

“Karena kondisi pandemi belum reda, maka seluruh proses kompetisi diadakan secara daring,” jelas Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi.

Asep juga mengapresiasi para peserta yang tetap berkomitmen mengikuti KSN dengan integritas dan kejujuran dan meminta peserta tetap semangat dan rileks menjalani rangkaian kompetisi.

Seorang peserta KSN SMA, Rosiana mengungkapkan, “Rasanya tegang, tetapi persiapan saya cukup dan banyak orang yang mendukung saya.”

Hal senada diungkapkan finalis International Olympiad on Astronomy and Astrophysics dari SMA Kharisma Bangsa, Muhammad Adhi. Dia mengatakan, “Pengalaman mengikuti lomba online ini sangat berharga, karena sulit sekali mendapatkannya. Mungkin di tahun-tahun depan kita tidak akan lagi lomba online. Maka saya sangat senang bisa jadi bagian dari KSN tahun ini.”

Pada Oktober 2020 ini juga akan diluncurkan beberapa kompetisi sains, teknologi, riset, dan inovasi di semua jenjang pendidikan. Sebanyak 330.689 peserta didik telah berpartisipasi dalam kompetisi yang digelar Puspresnas di tingkat kabupaten/ kota. Sejumlah 20.776 peserta berhasil lolos seleksi tingkat provinsi. Pada tingkat nasional, terdapat 2.882 peserta yang akan bertanding, di luar seleksi jenjang perguruan tinggi yang masih berjalan. Untuk jenjang SD dan SMP akan digelar KSN pada 31 Oktober sampai 4 November 2020.

Selain itu, Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) SMA/MA yang diikuti 1.740 karya penelitian juga telah berhasil terpilih 300 karya finalis yang akan diseleksi pada awal November nanti. Sedangkan Kompetisi Nasional MIPA yang digelar untuk jenjang perguruan tinggi diikuti 2.437 mahasiswa.

Kontes Robot Indonesia, Kontes Kapal Cepat, Kontes Mobil Hemat Energi, Pekan Ilmiah Mahasiswa, serta sejumlah ajang kompetisi sains dan teknologi yang lain segera digelar pada Oktober dan November 2020.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*