Kekerasan di Dunia Pendidikan pada 2017 Cenderung Sadis

Sharing for Empowerment

Sementara itu, kasus kekerasan di luar sekolah biasanya melibatkan siswa junior, siswa senior dan alumni, seperti kasus tarung gladiator di Bogor yang mengakibatkan korban tewas. Kasus di Bogor ini melibatkan siswa dan alumni dari SMA Budi Mulia dan SMA Mardiyuana menewaskan Hilarius.

Kasus gladiator serupa terjadi di kota Sukabumi yang melibatkan SMP 6 dan SMP Muhamadiyah kota Sukabumi, meski tidak ada korban meninggal dan di Rumpin, Kabupaten Bogor yang menewaskan MRS karena luka bacok dan tewas kehabisan darah.

Kekerasan oknum guru pada siswanya juga terjadi di Tangerang, dimana guru menghukum siswanya dengan push-up  kemudian ditendang di dalam kelas. Ada juga video oknum guru SD yang menjewer telinga siswanya hingga memerah dan sang murid nampak kesakitan. Ada juga oknum guru yang menampar siswanya satu persatu setelah memeriksa buku hasil kerja siswanya.

Retno Listyarti berpendapat ini semua menjadi bukti aksi kekerasan di dunia pendidikan makin masif, mengerikan dan cenderung sadis. (NS)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*