Mau Lolos SBMPTN? Simak Tips Berikut Ini!

Ujian Masuk PTN
Ujian masuk PTN (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu tidak lolos masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur tanpa tes atau yang sering disebut SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN)? Tenang, masih ada jalur lain menuju jurusan favorit kamu. Salah satunya adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN).

SBMPTN memang berbeda dari SNMPTN. Pada jalur ini, siswa harus benar-benar melakukan persiapan karena untuk dapat melewatinya siswa harus mengikuti seleksi bersama. Atau dengan kata lain, siswa harus melakukan serangkaian tes uji materi.

Dr. Ir. Tedy Setiawan, M.T., seorang konsultan pendidikan dan karier mengungkapkan 7 tips agar dapat lolos SBMPTN. Berikut ulasannya:

1. Mulai sekarang tentukan tujuan

Sebelum mendaftar tentu saja siswa harus sudah yakin dengan jurusan dan PTN yang akan dituju. Pertimbangkan baik-baik karena jurusan yang akan dituju 90% menentukan masa depan siswa. Perhatikan pula bakat, minat, kemampuan, serta biaya untuk mencapai jurusan yang diinginkan.
Selain itu, jurusan yang menjadi tujuan juga membantu siswa agar lebih fokus dalam belajar. Misal, jurusan yang diambil termasuk dalam golongan Saintek, maka pelajaran yang menjadi fokus selain materi wajib (Potensi Akademik, Matematika Dasar, dan Bahasa Inggris serta Indonesia), juga materi Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedangkan jika seorang siswa mengambil rumpun Soshum, maka materi wajib, juga harus fokus pada materi Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*