Tips Manajemen Waktu Mengerjakan Soal UTBK

Ilustrasi : Manajemen Waktu UTBK
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Salah satu tantangan dalam UTBK adalah manajeman waktu. Misal soal Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek berjumlah 80 soal dengan waktu pengerjaan 90 menit, sementara TKA Soshum ada 100 soal dengan waktu 90 menit. Artinya, satu soal kurang lebih mesti dikerjakan dalam waktu satu menit. Nah, gimana caranya menghadapi tantangan itu? Berikut beberapa tips untuk mengatur waktu saat mengerjakan soal UTBK:

Selesaikan Soal yang Mudah
Sebelum mulai mengerjakan soal UTBK, jika mungkin, kamu baca dulu semua pertanyaan. Cari soal yang kamu merasa bisa, mudah, dan cepat dikerjakan. Kalau mendapat soal yang kompleks serta butuh waktu pengerjaan yang lama, apalagi kamu memiliki bayangan jawabannya, mending dilewati saja; kerjakan soal yang lain dulu.

Batasi Waktu Pengerjaan
Jangan fokus pada satu soal saja, padahal kamu belum memiliki gambaran jawabannya. Jika menemukan dalam soal, langsung move on ke soal yang lain. Kamu hanya punya waktu mengerjakan kira-kira satu menit per soal. Jadi, jangan habiskan waktu di satu soal saja.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*