Apa Itu Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso di Cimahi?

Perpustakaan di BLBI Abiyoso Cimahi
Gedung perpustakaan di Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso di Cimahi (KalderaNews/JS De Britto)
Sharing for Empowerment

CIMAHI, KalderaNews.com – Pernah dengar yang namanya Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso di Cimahi? Apakah sebenarnya BLBI itu? Dalam event khusus KalderaNews berkesempatan meluncur ke BLBI Abiyoso di Cimahi.

Yup. BLBI Abiyoso adalah adalah satu-satunya balai milik pemerintah yang bertugas yang mencetak literasi braille untuk saudara-saudari kita penyandang disabilitas sensorik netra. Tak hanya mencetak, pengembangan dan pengkajian braille pun dilakukan di sini loh.

BACA JUGA:

Menariknya, BLBI Abiyoso Cimahi juga mengembangkan teknologi bidang disabilitas, bimbingan teknis bidang alih huruf dan sulih suara, bimbingan teknis bidang-bidang baca tulis huruf latin dan arab braille serta teknologi informasi.

Ruang perpustakaan Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso di Cimahi
Ruang perpustakaan Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso di Cimahi (KalderaNews/JS De Britto)

Dan yang tak kalah penting, BLBI Abiyoso bertugas dalam penyelenggaraan perpustakaan braille nasional, pelayanan publik bagi penyadang disabilitas netra, serta melaksanakan koordinasi dan kerja sama dengan instansi terkait.

Menariknya di BLBI ini adala lho organisasi sosial Reader Abiyoso yang mulai terbentuk pada tahun 2010 di bawah naungan Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso (d/h BPBI Balai Penerbitan Braille Indonesia).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*