Suara Redaksi: Studi Kasus Bunuh Diri

Kasus Gantung Diri
Ilustrasi Gantung Diri
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hati kita menjadi miris ketika membaca berita di media cetak dan online hingga status medsos tentang saudara, tetangga, teman dekat ataupun orang yang jauh dari kita mengakhiri hidupnya secara tragis dengan gantung diri, membakar diri, terjun dari ketinggian gedung tinggi, minum racun, dan lain-lainnya.

Lebih tragis lagi, jumlah anak muda yang gantung diri dan orang tua yang bunuh diri dengan membunuh serta anak-anaknya terlebih dahulu kian meningkat benar-benar mencemaskan sekaligus memilukan! Kasus-kasus bunuh diri di Provinsi Jawa Tengah yang tidak terekspose oleh media manapun jumlahnya tidak sedikit dan ini ada sebagai bagian dari deretan fakta kelam.

Bunuh diri adalah gejala sosial pada masyarakat modern. Gelombang globalisasi yang kian pesat bagi sebagian orang benar-benar bikin linglung. Pluralisme dan pembagian kerja pada masyarakat modern ini mau tidak mau ternyata mengakibatkan melemahnya kesadaran kolektif. Individualisme muncul ke permukaaan karena kekangan dan paksaan masyarakat atas individu berkurang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*