Amazing, Spesies Baru Jenis Cecak Batu Ditemukan di Gunung Muria

Sharing for Empowerment

“Setelah melalui kajian morfologis dan filogenik, tim mendapatan kesimpulan bahwa cecak batu dari gunung Muria tersebut merupakan spesies baru,” ujar Awal Riyanto dari Pusat Penelitian Biologi LIPI.

Ciri-ciri morfologi spesies baru yang bernama Cnemaspis Muria ini berupa pupil yang bulat, panjang tubuh mencapai 5,8 cm, adanya sepasang struktur tuberkular seperti kerucut pada kepala bagian belakang, alur berkutil pada nuchal loop, susunan deret tuberkular dorsal tidak secara linier, serta tidak terdapat pori-pori prakloakal maupun femoral.

“Spesies jantan mempunyai warna perut dan pangkal kuning serta ujung ekor putih, sedangkan betina perut berwarna putih dan setengah panjang ekor bagian belakang dihiasi warna hitam putih berselang seling seperti cincin,” jelas Awal.

Sementara kata “muria” pada spesies baru ini mengacu nama gunung Muria yamg merupakan tempat ditemukannya spesies tersebut. Cnemaspis muria dijumpai pada habitat berupa bebatuan di sepanjang sungai dan perkebunan kopi serta mungkin juga dalam hutan pada ketinggian antara 600 hingga 650 m dpl.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*