Inilah Manfaat Ikut Lomba 17-an bagi Anak-anak




Manfaat Lomba 17an
Ilustrasi: Manfaat Lomba 17an

JAKARTA, KalderaNews.com – Suasana perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 mulai semarak. Perayaan ini identik dengan lomba-lomba untuk anak-anak hingga orang dewasa. Pengalaman mengikuti perlombaan 17-an akan member pengalaman sekaligus pelajaran berharga bagi anak. Yuk simak manfaatnya!

Menghayati Makna Kemerdekaan
Mengikuti perlombaan untuk merayakan kemerdekaan menjadi media bagi anak untuk menghayati makna kemerdekaan. Agar ia dapat menghayati kemerdekaan, maka harus merasa senang, salah satunya dengan ikut perlombaan. Saat anak ikut perlombaan, jelaskan pada anak bahwa untuk dapat merayakan kemerdekaan, banyak pahlawan yang harus berjuang merebut kemerdekaan.

BACA JUGA

Melatih Percaya Diri
Berlomba dan disaksikan banyak orang dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak. Jika anak mengalami kegagalan, orangtua sebaiknya tetap memotivasi semangat anak dengan menjelaskan bahwa setiap perlombaan ada kalah dan menang.

Mengikuti Aturan
Mengikuti perlombaan juga menuntun anak agar mengikuti aturan. Setiap perlombaan ada aturan yang harus diikuti peserta lomba. Ajak anak untuk mengikuti aturan tersebut. Begitu juga dengan instruksi yang harus dilakukan saat lomba berlangsung. Maka, anak akan belajar fokus, mendengarkan, menghargai serta memahami aturan yang berlaku.

Bangun Jiwa Sosial
Perlombaan dapat membangun jiwa sosial anak melalui pelibatan anak pada interaksi di lingkungan setempat. Ini dapat menjadi ajang untuk anak keluar dari rumah dan melepaskan gawai atau TV yang kerap kali menjadi aktivitas rutin anak-anak. Biarkan anak berbaur, berkenalan, berinteraksi, dan bermain dengan teman-temannya saat perlombaan.

Mempererat Hubungan
Perlombaan juga dapat mempererat hubungan anak dan orang tua. Jangan biarkan anak melakukan perlombaan sendiri. Dampingi mereka saat berlomba. Berikan semangat agar anak merasa ada supporter terbaik di dekatnya.

Nah, itulah manfaat perlombaan 17-an bagi anak-anak. Sudah siap ikut lomba? (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*