425 Siswa dari 17 SMP PENABUR Jakarta SPIRIT of Adventure di Ngalam

MALANG, KalderaNews.com – Perubahan gaya hidup dan teknologi informasi yang kian pesat saat ini perlu diimbangi dengan pendidikan karakter yang baik pula. Khususnya bagi para remaja Indonesia penerus bangsa penting bahwa dalam proses pendewasaannya ditanamkan nilai-nilai kemandirian, kerjasama, toleransi, serta cinta tanah air.

Berangkat dari semanat ini BPK PENABUR Jakarta melaksanakan kegiatan bertajuk “SPIRIT of Adventure” bagi para siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII.

Berlangsung 26 September-2 Oktober 2019 di Malang, Jawa Timur, kegiatan terbagi ke dalam dua gelombang, 26-30 September 2019 (gelombang pertama), 28 September-2 Oktober 2019 (gelombang kedua).

KBKACA JUGA:

Sebanyak 425 siswa didampingi 29 guru dan 4 kepala sekolah dari 17 SMPK PENABUR Jakarta berpetualang menyusuri desa, menikmati alam Indonesia, belajar sejarah dan kebudayaan, serta berintetaksi dan tinggal dengan warga sekitar.

Sebagaimana SPIRIT jenjang Sekolah Dasar (SD) yang sudah lebih dulu dilaksanakan, SPIRIT of Adventure diharapkan dapat memberikan siswa-siswi di bangku SMP pengalaman berharga mengenai kemandirian sekaligus kebersamaan.

Antono Yuwono, Ketua BPK PENABUR Jakarta mengungkapkan bahwa BPK PENABUR Jakarta berfokus pada pendidikan karakter berdasarkan kasih. SPIRIT of Adventure ini pun menjadi salah satu wadah bagi para peserta didik mengasah karakter dan kemampuan mereka.

“Belajar mandiri dan saling membantu. Berinteraksi dengan sesama, belajar toleransi dan menyikapi perbedaan. Nilai-nilai itu adalah bekal bagi karir dan masa depan mereka kelak,” tegasnya

Tinggal di rumah penduduk (live-in) di Desa Podokoyo, Tengger, siswa-siswi kemudian diajak mengenal lebih dekat ragam kebudayaan di Indonesia seperti musik tradisional Jawa (Karawitan), tarian tradisional Jawa (kuda lumping), seni budaya dari Jawa Timur (Reog), serta menikmati makanan khas Jawa Timur (Rawon). Tak lua, mereka juga berpetualang ke Bromo, Batu Secret Zoo, Museum Angkut serta belanja oleh-oleh khas daerah Jawa Timur.

Kegiatan-kegiatan tersebut sejalan dengan tujuan utama kegiatan SPIRIT of Adventure, yakni membentuk peserta didik unggul tidak hanya dalam bidang akademik namun non-akademik, serta membentuk profil lulusan BPK PENABUR yaitu BEST (Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society and Trust in God). (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*