Dra. Jeni Putri Tanan MPS: 5 Family Bonding Moment (FBM) Saat Covid-19




Entrepreneurship Educator & Online Learning Specialist yang pernah menjadi President CEC (Ciputra Entrepreneurship Center), Dr. Ir. Antonius Tanan MBA, MSc, MA bersama istrinya Design Thinking Trainer, Dra. Jeni Putri Tanan MPS saat menjadi narasumber Seminar Parenting Online Webiner bertajuk “Aktivitas Kreatif & Berkualitas Bersama Anak Saat #Dirumahaja” yang diselenggarakan SDK 11 PENABUR Jakarta melalui live streaming di YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta, Jum’at, 17 April 2020
Entrepreneurship Educator & Online Learning Specialist yang pernah menjadi President CEC (Ciputra Entrepreneurship Center), Dr. Ir. Antonius Tanan MBA, MSc, MA bersama istrinya Design Thinking Trainer, Dra. Jeni Putri Tanan MPS saat menjadi narasumber Seminar Parenting Online Webiner bertajuk “Aktivitas Kreatif & Berkualitas Bersama Anak Saat #Dirumahaja” yang diselenggarakan SDK 11 PENABUR Jakarta melalui live streaming di YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta, Jum’at, 17 April 2020 (KalderaNews/BPK PENABUR Jkt/JS de Britto)

JAKARTA, KalderaNews.com – Design Thinking Trainer, Dra. Jeni Putri Tanan MPS memberikan tips kreatif dan inovatif yang konkret untuk orangtua saat mendampingi putra-putrinya yang menjalani home learning karena wabah Covid-19.

Hal ini ditegasknya saat menjadi narasumber Seminar Parenting Online Webiner yang diselenggarakan oleh SDK 11 PENABUR Jakarta bertajuk “Aktivitas Kreatif & Berkualitas Bersama Anak Saat #Dirumahaja” melalui live streaming di YouTube Channel BPK PENABUR Jakarta, Jum’at, 17 April 2020 bersama suaminya Entrepreneurship Educator & Online Learning Specialist yang pernah menjadi President CEC (Ciputra Entrepreneurship Center), Dr. Ir. Antonius Tanan MBA, MSc, MA.

BACA JUGA:

Tak dapat dipungkiri, banyak orangtua mulai merasakan jenuh, bingung dan bosen saat mendampingi anak-anaknya yang sedang home learning.

Nah, guna menumbuhkan dan memberi inspirasi pada para orang tua dalam mendampingi putra-putrinya dalam apa yang disebutnya dengan 5 Family Bonding Moment (FBM) Saat Covid-19.

Kelima kegiatan FBM tersebut adalah:

  1. Kegiatan rutin sehari-hari: bangun tidur, makan, pergi tidur. Ingat kita ingin ada einrichment dan relasi. Bangunkan anak dari tidur dengan pelukan, ciuman dan jangan bentakan. Diajak doa bersama. Juga pada waktu makan bisa bercerita misalkan soal asal makanan. Malam hari waktu yang baik untuk berelasi dengan anak-anak untuk kedekatan: doa, cerita anak, cerita pengalaman hidup orangtua di masa kecil.
  2. Kegiatan berkaitan dengan ibadah. Jadi walaupun di rumah, tetap ada sekolah minggu live streaming. Bisa sama-sama dampingi.
  3. Kegiatan Rekreasi. Saat ini banyak beredar kegiatan rekreasi lewat virtual, tapi ada rekreasi yang bisa mengikat relasi orangtua dan anak yangs simpel, seperti pecahkan teka-teki bersama dan lain sebagainya tinggal googling, kalu masak bersama hingga bikin kue.
  4. Kegiatan Belajar. Memang ada dari sekolah, tetapi orangtua bisa juga mendampingi.
  5. Kegiatan Pelayanan. Di masa krisis ini ada bahaya, tetapi ada peluang. Ketika ada kesulitan orang dekat dan warga menyarakat karena Covid, ini kesempatan untuk pelayanan. Pelayanan pun memiliki family bonding moment. Ajak anak-anak bersama dalam pelayanan. Kalau tidak bisa mengunjungi karena kebijakan physical distancing maka bisa pelayanan penghiburan lewat telepon atau video call.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*