Keren, Ini Lho Penampakan Mobil Otomatis Tanpa Sopir untuk Angkut Atlet Olimpiade Tokyo 2020

Toyota e-Palette
Ilustrasi: Toyota e-Palette (Dok. Toyota)
Sharing for Empowerment

TOKYO, KalderaNews.com – Toyota meluncurkan aneka model kendaraan untuk kebutuhan Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade 2020. Salah satu model yang menyita perhatian adalah e-Palette. Toyota e-Palette melakukan debut perdana dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018. Sejak pertama dikenalkan, van ini mengadopsi teknologi otonom level 4 atau bergerak sendiri tanpa sopir. Keunggulan itu yang akan dibuktikan Toyota ketika mobil mengangkut para atlet dari satu titik ke titik lain.

BACA JUGA:

“Atlet Olimpiade dan Paralimpik akan bekerja tanpa lelah untuk mencapai prestasi tertinggi di dunia. Maka, kami ingin memberi kendaraan khusus agar sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujar pemimpin divisi pengembangan e-Palette, Takahiro Muta.

Kendaraan ini juga menjadi misi lanjutan Toyota untuk menggabungkan antara listrik dengan teknologi penggerak. E-Palette ini dilengkapi sistem mengemudi otomatis yang dirancang menggunakan perangkat keras, lunak, dan sensor canggih, seperti kamera dan LiDAR.

Sistem mengemudi otomatis dapat memantau keadaan sekeliling kendaraan secara 360 derajat. Sementara, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, kendali mobil bisa diambilalih operator kapan saja jika diperlukan. Operator pada sistem bus juga akan memantau pergerakan mobil selama masih dalam perjalanan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*