Waspadai Suhu Panas Berturut-turut, Berikut 5 Tips Cegah Dehidrasi

Dehidrasi
Ilustrasi dehidrasi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Dalam beberapa hari terakhir dan beberapa hari ke depan suhu udara di beberapa wilayah di Indonesia cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh gerak semu Matahari dan atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan yang relatif kering.

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Akhmad Taufan Maulana persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan khatulistiwa, berkaitan dengan gerak semu Matahari.

Pada September Matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan bumi selatan hingga bulan Desember. Dengan demikian pada Oktober ini posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan (Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya).

BACA JUGA

Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari.

Selain itu, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif kering sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang dapat berfungsi menghalangi panas terik matahari.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*