Dari Ujian Penghabisan, EBTANAS, Sampai UNBK

Sharing for Empowerment

Ujian Sekolah (1972–1979)
Pada periode ini, namanya berubah lagi menjadi Ujian Sekolah. Pemerintah pusat menyusun pedoman dan panduan Ujian Sekolah yang bersifat umum, dan sekolah masing-masing menerjemahan pedoman dan panduan itu sendiri.

EBTANAS (1980–2001)
Nama ini cukup lama dipakai, hampir 20 tahun. Ebtanas alias Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional Nasional dan Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA) merupakan dua model yang diterapkan di era 1980 hingga awal 2000. EBTA menguji berbagai mata pelajaran yang tak diujikan dalam EBTANAS. EBTANAS sepenuhnya dikoordinasi pemerintah pusat, sementara EBTA diadakan pemerintah provinsi.

Hasil EBTANAS menentukan kelulusan siswa di semua jenjang pendidikan. Siswa dinyatakan lulus jika meraih nilai rata-rata enam untuk semua mata pelajaran yang diujikan.

Ujian Akhir Nasional (2002–2004)
Ujian Akhir Nasional alias UAN menggantikan EBTANAS. UAN hanya berumur dua tahun akademik, yang kemudian digantikan dengan Ujian Nasional (UN).

Ujian Nasional (2005–2012)
Pertama kali istilah Ujian Nasional diperkenalkan Menteri Pendidikan Mohammad Nuh. Ujian nasional disebut dengan Ujian Nasional (UN) menggantikan ujian akhir nasional (UAN) dan menjadi syarat kelulusan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*