Sssttt…., Ini Lho Model Penilaian Siswa Sebagai Pengganti UN

Ilustrasi: Ujian Nasional (Ist.)
Ilustrasi: Ujian Nasional (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, telah resmi meniadakan Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021. Penilaian siswa diganti dengan model asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno mengatakan, soal yang akan diujikan dalam asesmen pengganti UN itu berisi kombinasi dari berbagai variasi model soal, mulai dari esai hingga pilihan benar atau salah.

BACA JUGA:

“Variasinya banyak. Kombinasi antara esai, pilihan benar salah, mengurutkan, re-arrange, juga jawaban pendek. Tidak hanya satu jawaban,” jelas Totok kepada awak media di Jakarta. Sistem penilaian yang baru ini, lanjutnya, tak akan mengujikan mata pelajaran seperti UN. Substansi pengujian ada pada literasi, pemahaman bahasa, penggunaan nalar, serta pemahaman wacana. “Tak ada mata pelajaran, tak ada hafalan, lebih pada analisis penalaran,” imbuhnya.

Kemendikbud memang belum menetapkan nomenklatur atau penamaan resmi pada model asesmen kompetensi minimum dan survei karakter pengganti UN ini. Tapi, pengganti UN itu akan diberi nama yang mudah diingat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*