Dari Ujian Penghabisan, EBTANAS, Sampai UNBK

Ilustrasi: Ujian Nasional (Ist.)
Ilustrasi: Ujian Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim telah memutuskan bahwa tahun 2020 menjadi tahun terakhir pelaksanaan Ujian Nasional alias UN. UN selanjutnya akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

BACA JUGA:

Perubahan terhadap proses evaluasi belajar siswa memang terjadi sepanjang sejarah Indonesia. Nomenklaturnya pun berubah-ubah, seperti Ujian Penghabisan, Ujian Negara, Ebtanas, dan yang lain. Nah, berikut periode perubahan nama-nama tersebut:

Ujian Penghabisan (1950-1965)
Pada periode 1950 sampai 1965, proses evaluasi siswa memakai nama Ujian Penghabisan. Materi ujian dibuat Departemen Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan.

Ujian Negara (1965–1971)
Ujian Penghabisan pun berubah nama menjadi Ujian Negara. Semua materi ujian ditentukan pemerintah pusat. Ujian ini untuk menentukan kelulusan siswa, sehingga siswa dapat melanjutkan ke sekolah negeri atau perguruan tinggi negeri bila lulus Ujian Negara. Sementara, bagi siswa yang tidak lulus, tetap mendapatkan ijazah, tapi hanya bisa melanjutkan pendidikan di sekolah swasta.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*