5 Cara Paling Tepat Memilih Perguruan Tinggi untuk Milenial




Milenial bingung memilih kampus, perguruan tinggi atau universitas terbaik
Milenial bingung memilih kampus, perguruan tinggi atau universitas terbaik (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Sobat milenial mungkin masih bingung mau kuliah dimana setelah lulus SLTA sederajat.

BACA JUGA:

Bingung tak tahu harus gimana? Berikut ini tips yang bisa kamu lakuin untuk menemukan tempat kuliah yang tepat:

  1. Cermati potensi diri
    Perlu dicatat bahwa jurusan yang temanmu pilih belum tentu sesuai dengan dirimu. Jadi, tentukanlah minat dan bakatmu sesuai kata hati. Buat sobat milenial yang masih bingung menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, tak ada salahnya melakukan konsultasi kepada pihak konseling di sekolahmu, juga orangtuamu agar kamu semakin terarah.
  2. Lokasi kampus dan biaya
    Lokasi perguruan tinggi yang diinginkan dapat memengaruhi banyak sedikitnya biaya yang dikeluarkan, untuk itu kamu harus benar-benar mempersiapkannya dengan matang, juga dengan dukungan orangtua agar kuliahmu lancar. Misalkan kuliah di luar kota dan harus kos, tentu juga perlu dipikirkan biayanya.
  3. Riset kampus dan jurusan impian
    Melakukan riset kecil-kecilan mengenai kampus tujuan itu sangat penting. Kunjungi situs web kampus tujuan dan pahami jurusan yang diinginkan. Jika kamu memiliki relasi kakak tingkat di kampus impianmu, kamu juga dapat menanyakan informasi mengenai kampus tersebut.
  4. Akreditasi Internasional
    Kualitas perguruan tinggi perlu kamu lihat dari akreditasi yang dimiliki. Akreditasi ini mencakup di tingkat program studi maupun institusi dari BAN-PT. Tentunya, lebih bagus jika kampus impianmu juga telah memiliki Akreditasi Internasional sehingga kamu dapat semakin unggul bersaing di masa depan.
  5. Prospek karier
    Pikirkan masak-masak ketika lulus nanti apakah ada kepastian karier dan pekerjaan yang didapatkan. Oleh sebab itu, pilihlah perguruan tinggi yang memang sudah terbukti menghasilkan lulusan siap pakai dan memiliki jaringan kerjasama dengan industri sehingga memudahkan lulusan mencari pekerjaan. Lebih baik lagi, bila perguruan tinggi tersebut memiliki wadah pengembangan karier untuk membantu menyalurkan lulusannya bekerja di industri yang sesuai. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*