Yuk Simak Trik Belanja Oleh-Oleh Saat Liburan, Agar Tak Kuras Dompet




Ilustrasi: Tips belanja oleh-oleh saat liburan. (Ist.)
Ilustrasi: Tips belanja oleh-oleh saat liburan. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com  Liburan tanpa oleh-oleh bagai sayur tanpa garam. Hampa. Liburan memang tak lengkap tanpa belanja oleh-oleh, baik untuk diri sendiri maupun untuk teman atau saudara.

BACA JUGA:

Nah, berikut tips agar dompet kamu tak terkuras gegara belanja oleh-oleh:

Cari informasi
Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai kota atau tempat wisata yang kamu kunjungi melalui internet atau tanya-tanya teman. Coba cek oleh-oleh yang sangat khas dari daerah tersebut, bisa berupa kuliner atau cenderamata. Cek pula tempat yang murah meriah untuk mendapatkan oleh-oleh tersebut.

Tentukan dana belanja
Kalau sudah di pusat oleh-oleh, kamu bisa auto-kalap dalam berbelanja. Apalagi ada beragam pilihan oleh-oleh yang khas daerah tersebut. Maka, tentukan dulu anggaran dana yang kamu miliki untuk membeli oleh-oleh. Jangan sampai dompet kamu terkuras habis karena belanja oleh-oleh.

Buat daftar belanja
Selain membuat anggaran belanja, kamu juga mesti membuat daftar belanjaan. Item apa saja dan berapa jumlahnya. Sebaiknya, kamu tentukan terlebih dahulu sebelum berangka belanja oleh-oleh.

Cari waktu yang tepat
Pagi hari atau saat toko baru buka menjadi waktu yang tepat untuk berbelanja oleh-oleh. Selain belum ramai pengunjung, suasana juga lebih santai dan nyaman untuk berbelanja. Atau boleh juga memilih malam hari, ketika toko akan tutup, karena biasanya toko atau penjual akan banting harga atau memberikan diskon lebih.

Cari yang khas
Hindari membeli barang yang juga ada di tempat kamu tinggal. Tak lucu dong, di tempat kamu saja ada, kenapa harus jauh-jauh belinya. Maka, pilihlah barang atau kuliner yang benar-benar khas dari tempat tersebut, atau tak ada di tempat lain.

Aman dan nyaman dibawa
Pilih juga oleh-oleh yang aman dan mudah dibawa pulang. Yang pasti, jangan sampai membuat kamu tambah ribet dengan bawaan oleh-oleh saat pulang liburan.

So, itulah beberapa tips untuk kamu yang sedang berburu oleh-oleh. Jangan lupa bawa oleh-oleh ya! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*