Yuk Simak Trik Meraih Beasiswa S1 dan S2 di Luar Negeri!




Ilustrasi: Tips mendapatkan beasiswa luar negeri. (Ist.)
Ilustrasi: Tips mendapatkan beasiswa luar negeri. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com    Kamu pasti ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri kan? Banyak orang mengatakan, untuk meraihnya tak mudah. Tapi dengan niat dan usaha keras, kamu pasti bisa meraih beasiswa pendidikan di luar negeri.

BACA JUGA:

So, inilah tips bagi kamu untuk mempersiapkan diri meraih beasiswa pendidikan di luar negeri:

Prestasi akademik
Hampir seluruh program beasiswa di luar negeri mensyaratkan prestasi akademik yang tak biasa-biasa. Artinya, prestasi akademik yang mumpuni menjadi syarat mutlak yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan beasiswa. Bahkan beberapa program beasiswa akan melakukan evaluasi prestasi akademik para penerima manfaat beasiswa tersebut. Maka, jika kamu memang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan beasiswa, mulailah mengejar prestasi-prestasi akademik.

Mahir bahasa Inggris
Kemampuan berbahasa, terutama Inggris juga menjadi syarat yang mutlak harus kamu miliki. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang juga dipakai sebagai bahasa pengantar utama dalam perkuliahan di luar negeri. Nah, bekali diri kamu dengan bahasa Inggris yang mumpuni.

Tes SAT atau ACT
Tes Scholastic Aptitude Test (SAT) dan American College Testing (ACT), merupakan ujian akademik yang menentukan apakah pelamar mampu belajar di universitas yang diinginkan. Tes SAT seperti tes matematika dan bahasa Inggris yang mirip dengan tes psikologi. Sementara tes ACT tak beda dengan SAT, hanya saja memiliki tes untuk bidang sains.

Personal essay
Biasanya program beasiswa luar negeri juga mensyaratkan kandidat membuat personal essay yang merupakan tulisan tentang kandidat, seperti motivasi diri, cita-cita, pengalaman meraih prestasi, serta yang lain, yang menggambarkan keunggulan diri kandidat. Nah di sini, kemampuan menulis kamu ditantang.

Surat Rekomendasi
Selain itu, kandidat juga menyiapkan surat rekomendasi. Rekomendasi ini bisa dari guru, dosen, atau tokoh berpengaruh yang kamu kenal. Di sini, kamu ditantang untuk menjalin relasi personal yang kuat dengan guru, dosen, atau tokoh-tokoh dalam masyarakat yang bisa merekomendasikan kamu layak menerima beasiswa pendidikan di luar negeri.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin meraih beasiswa pendidikan di luar negeri. Selamat mencoba! (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*