Menuju 60 Tahun Unika Atma Jaya: Beasiswa DUIT untuk Indonesia Timur

Ilustrasi: Program Dokter untuk Indonesia Timur (DUIT) Unika Atma Jaya Jakarta. (Ist.)
Ilustrasi: Program Dokter untuk Indonesia Timur (DUIT) Unika Atma Jaya Jakarta. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menurut data Badan Pusat Statistik, pada 2015, jumlah penduduk Indonesia mecapai 254.454.778 jiwa. Sementara dokter umum di seluruh Indonesia tercatat berada di angka 109.991. Maka satu dokter umum bertanggung jawab atas sekitar 2.300 orang. Data ini menunjukkan bahwa Indonesia masih kekurangan dokter umum, utamanya di kawasan timur Indonesia.

BACA JUGA:

Sejak 2006, Unika Atma Jaya Jakarta telah menggerakkan program beasiswa Dokter untuk Indonesia. Beasiswa ini diberikan bagi putra dan putri terbaik dari Indonesia bagian timur untuk mengenyam pendidikan profesi dokter. Bersama Misereor, sebuah lembaga bantuan sosial dari Jerman, Unika Atma Jaya menginisiasi program Dokter Untuk Indonesia Timur (DUIT).

Program tersebut masih berjalan hingga kini. Program ini secara konsisten membantu dunia kesehatan dengan membiayai 60 mahasiswa tiap tahun. Tak tanggung-tanggung, para mahasiswa pilihan mendapat pembiayaan hingga mendapatkan sertifikasi profesi dokter atau 11 semester. Usai menyelesaikan pendidikan, para dokter muda ini diminta kembali ke daerah asal mereka untuk membantu pelayanan kesehatan di sana. Beberapa tahun belakangan, program ini lebih banyak menjaring putra-putri Papua, khususnya daerah Fakfak, Agats dan Sorong.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*