PHBS, Cara Sekolah dan Orangtua Cegah Penyebaran Virus Corona




Ilustrasi: PHBS cara mencegah penyebaran virus corona. (Ist.)
Ilustrasi: PHBS cara mencegah penyebaran virus corona. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Kabar penyebaran virus corona bisa membuat orangtua panik. Dilansir laman resmi World Health Organization (WHO), virus corona (CoV) merupakan keluarga besar virus penyebab flu biasa sampai Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV).

BACA JUGA:

Sementara ada pula Coronavirus novel (nCoV) yang akhir-akhir ini menjangkiti Wuhan, China. Virus nCoV ini juga disebut Pneumonia Wuhan, lantaran kasus pertama terjadi pada 31 Desember 2019 di Wuhan dan bisa menular antarmanusia. Gejala yang ditimbulkan mirip flu dan batuk, seperti demam, sakit tenggorokan, dan sesak nafas yang akut.

Nah, untuk mencegah agar tidak terpapar virus ada beberapa langkah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat alias (PBHS) yang bisa diterapkan. PBHS bisa dilakukan di mana pun, seperti di rumah dan sekolah. Caranya cukup sederhana:

  • Cuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah melakukan aktivitas, seperti pulang sekolah, sebelum makan, setelah ke toilet, setelah kontak dengan hewan.
  • Pakailah masker saat batuk dan pilek, ketika di rumah sakit, atau saat berada di dekat orang sakit.
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan hindari konsumsi makanan yang belum matang, seperti daging yang tak matang sempurna, telur setengah matang, serta sayuran segar yang tidak dicuci dengan baik.
  • Lakukan olahraga secara rutin di luar rumah serta istirahat yang cukup.
  • Jika demam, batuk, pilek, yang disertai dengan sesak nafas, segera rujuk ke dokter agar mendapat penanganan yang cepat dan tepat.
  • Apabila memiliki hewan peliharaan, pastikan hewan tersebut mendapatkan vaksinasi yang rutin serta dijaga kebersihannya.

So, untuk mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini, orangtua dan sekolah bisa bekerja sama dengan menyediakan peralatan kebersihan, seperti sabun cuci tangan antibakteri, tisu sekali pakai untuk mengeringkan tangan, dan yang lain. Peralatan makan dan mainan juga mesti terjaga kebersihannya, ruang kelas dan rumah rutin dibersihkan serta terdapat ventilasi cukup, sampah juga secara rutin dibuang. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*