Nih, 100 Soal SKD CPNS Terdiri 30 Kebangsaan, 35 Intelegensia, dan 35 Karakteristik

Ilustrasi: Seleksi CPNS 2019 (Ist.)
Ilustrasi: Seleksi CPNS 2019 (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berlangsung sejak 1 Februari 2020 hingga 6 Maret 2020 dengan jadwal dan lokasi yang berbeda-beda.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sendiri terdiri dari 100 soal yang terdiri dari tiga jenis tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (30 soal), Tes Intelegensia Umum (35 soal), dan Tes Karakteristik Pribadi (35 soal).

BACA JUGA:

Panitia Pelaksana SKD Kemendikbud, Hanjar Basuki menegaskan ke-100 soal tersebut harus dikerjakan dalam waktu 90 menit, namun untuk penyandang disabilitas diberikan waktu lebih lama untuk menyelesaikan soal, yaitu 120 menit.

Setelah SKD adalah seleksi kompetensi bidang (SKB). Bagi peserta yang memiliki nilai SKD di atas ambang batas bisa mengikuti SKB dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Sesuai peraturan hanya (diambil) tiga kali formasi. Jadi misalnya formasinya cuma satu, maka yang dipanggil SKB hanya tiga orang yang nilainya tertinggi. Kalau formasinya dua, maka yang diundang mengikuti SKB hanya enam orang dengan nilai tertinggi,” kata Hanjar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*