Ketika 20 Mahasiswa Korea Belajar di Rusunawa Muara Baru

Mahasiswa DCU mendapat keterangan mengenai fasilitas Rain Water Harvesting di Rususnawa Muara Baru. (Dok. Unika Atma Jaya)
Mahasiswa DCU mendapat keterangan mengenai fasilitas Rain Water Harvesting di Rususnawa Muara Baru. (Dok. Unika Atma Jaya)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 20 mahasiswa dari Daegu Catholic University (DCU), Korea Selatan mengikuti program singkat Winter Program yang digagas Biro Kerja Sama (BKS) Unika Atma Jaya Jakarta. Program ini untuk memberikan potret kehidupan sosial-budaya masyarakat urban di Jakarta.

BACA JUGA:

Dua puluh mahasiswa Korea Selatan ini diajak mengenal komunitas masyarakat Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Muara Baru yang menjadi komunitas binaan Unika Atma Jaya. Masyarakat yang sebelumnya bermukim di Waduk Pluit ini memiliki dinamika menarik untuk diteliti.

Beberapa tahun ini, Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Unika Atma Jaya mengembangkan program Green Rusunawa untuk memperbaiki kualitas hidup penghuni rumah susun, terutama kebutuhan air bersih. Program ini meliputi Rain Water Harvesting (RWH), Learning Center (Ceribel), dan pengolahan sampah (Bank Sampah).

“Rusunawa Muara Baru sudah menjadi daerah binaan Unika Atma Jaya. Komunitas Rusunawa ini amat menarik. Mereka tidak hanya berasal dari kalangan ekonomi menengah dan ke bawah, tapi juga berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Keragaman ini membuat Rusunawa memiliki dinamika sosial dan tantangan yang berbeda,” jelas Kepala Biro Kerja Sama Unika Atma Jaya, Agustina Nurcahyanti.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*