Melalui Warna “Membahasakan” Alam

Frigidanto Agung, kurator dan penulis seni rupa tinggal di Jakarta
Frigidanto Agung, kurator dan penulis seni rupa tinggal di Jakarta (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

Oleh: Frigidanto Agung*

(Catatan Pra Event Pameran Tunggal Baskoro Sardadi “Semburat Tafsir Alam” 2020)

JAKARTA, KalderaNews.com – Melalui alam kita dapat melihat keluasan tempat hidup. Melalui lukisan pemandangan alam kita bisa melihat keindahan tanpa batas. Hal ini yang memberi inspirasi. Banyak seniman menafsirkan lukisan dengan obyek alam sesuai dengan sudut pandang mereka, baik melalui warna, garis dan bidang-bidang yang dibentuknya. Melukis keindahan alam memberi pengalaman estetis.

Baskoro Sardadi, pria kelahiran Probolinggo 70 tahun yang lalu, melukis alam dengan cat air. Ia memperlihatkan kedalaman nuansa alam dari warna-warna yang terhampar. Melalui caranya melukis di atas kertas ia dapat mengembara dengan imajinasi untuk memberi makna warna pada alam dengan nuansa-nuansa yang memperlihatkan kedalaman citra alam.

Dasar pengalamannya adalah sebagai arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung, angkatan tahun 1961, yang banyak mengerjakan “lanskap” urban. Melalui bidang inilah lukisan-lukisan alam banyak didapatkan dan menjadi inspirasi dalam melukisnya. Dia lebih berpijak dari bagaimana melihat “lanskap” menjadi suatu sudut pandang dengan nuansa yang memperlihatkan keindahan dengan warna-warnanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*