Duh Salah Tulis “Imbau, Imbauan, Mengimbau” Kok “Himbau, Himbauan, Menghimbau” Sih

Sharing for Empowerment

Memang, kata “Menghimbau dan Himbauan” termasuk kata tak baku. Kata yang baku untuk dua kata ini adalah mengimbau (tanpa h) dan imbauan (tanpa). Selama ini banyak yang salah karena mengucapkan dan menuliskan “imbau/imbauan/mengimbau” dengan kata “himbau/himbauan/menghimbau”.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan (KBBI Daring), kata “imbau” bentuk tidak bakunya adalah “himbau”. Maknanya, panggil, sebut, pintakan, serukan.

Sesuai asal usulnya, kata “imbau” berasal dari bahasa Minangkabau (Sumatera Barat). Imbau merupakan verba atau kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan; kata kerja.

Imbauan, menurut KBBI Daring, artinya panggilan; permintaan (seruan), ajakan. Sedangkan kata “mengimbau”, dalam KBBI Daring, artinya memanggil; menyebut nama orang, dan meminta (menyerukan) dengan sungguh-sungguh; mengajak.

Kesimpulannya, imbau adalah kata dasar, sedangkan mengimbau adalah kata turunan. So, dalam lisan, terutama tulis, sebaiknya tidak salah lagi dengan menggunakan kata himbau, himbauan dan menghimbau.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*