Kamu Kesulitan Isi Sensus Penduduk Online 2020? Ini 2 Solusinya

Sensus Penduduk Online 2020
Laman resmi Sensus Penduduk Online 2020 (KalderaNews/Malena)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak sedikit masyarakat yang terkendala dalam melakukan Sensus Penduduk Online 2020. Masyarakat mengeluh tak bisa menyelesaikan pengisian data dengan alasan ketidakcocokan antara kartu keluarga (KK) dan nomor induk kependudukan (NIK).

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyelenggara pun mengklarifikasi bahwa ketidaksinkronan antara KK dan NIK terjadi karena warga menggunakan KK terbaru yang dibuat pada periode tahun 2020.

BACA JUGA:

Faktanya, BPS menggunakan metode kombinasi (combine method) yang berasal dari data administrasi pendudukan milik Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar. Nah, data dari Dukcapil ini ternyata menggunakan basis data terbaru dari tahun 2019. Otomatis penggunaan KK yang diterbitkan tahun 2020 sering tak bisa digunakan saat mendaftar.

BPS pun memberikan solusi: Pertama, menggunakan KK lama yang dibuat sebelum tahun 2020, tapi dengan keterangan anggota keluarga sesuai dengan keadaan saat ini (KK terbaru). Solusi lainnya, gunakan NIK dari anggota keluarga lain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*