Kardinal Ignatius Suharyo: Paskah Itu Membatinkan Ingatan Bersama

Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo
Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (KalderaNews/Repro TVRI/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo dalam khotbah pada Misa Vigili Malam Paskah di Gereja Katedral, Paroki Santa Maria Diangkat ke Surga, yang disiarkan secara langsung oleh TVRI, Sabtu, 11 April 2020 mengajak umat Katolik dan bangsa Indonesia membatinkan ingatan bersama.

“Pertama-tama dengan gembira ingin saya ucapkan selamat Paskah kepada saudara-saudari sekalian, kepada keluarga-keluarga dan komunitas saudara. Kita mohon supaya kita yang merayakan Paskah ini dianugerahi buah-buah kebangkitan-Nya,” tegasnya.

Ia lantas mengutip Kitab Keluaran yang berkisah pembebasan umat Allah perjanjian lama dari negeri perbudakan. Ia menegaskan peristiwa ini selanjutnya menjadi bagian dari ingatan bersama yang diwariskan turun-temurun, bukan sebagai peringatan akan peristiwa yang sudah lama, tetapi sebagai peristiwa yang tetap aktual dan menyangkut kehidupan serta menentukan bangsa.

BACA JUGA:

Ingatan bersama ini menjadi daya penyatu bagi bangsa dan kekuatan, ketika bangsa menghadapi tantangan-tantangan besar yang menentukan eksistensi. Adanya ingatan bersama inilah yang dapat menjelaskan mengapa umat Allah perjanjian lama tidak hilang dari sejarah, sementara kelompok-kelompok lain yang sekian banyak yang disebut dalam Kitab Suci hilang ditelan waktu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*