Dosen Virologi Esa Unggul: 5 Cara Agar Vaksin Covid-19 Segera Ditemukan

Ilustrasi: 5 cara agar vaksin Covid-19 cepat ditemukan. (Ist.)
Ilustrasi: 5 cara agar vaksin Covid-19 cepat ditemukan. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Vaksin Covid-19 sedang ramai dibicarakan, sebab itu salah satu cara yang dapat digunakan untuk menahan penyebaran Covid-19. Nah, untuk membahas hal ini, Universitas Esa Unggul menggelar Forum Ilmiah Dosen secara online dengan tema “Vaksin Covid-19, Kapan Tersedia?” Kali ini pembicaranya Dr. Henny Saraswati, S.Si., M.Biomed, Dosen Framasi dan Bioteknologi Universitas Esa Unggul.

Di awal pemaparan, Henny menjelaskan dua istilah, yaitu imunisasi dan vaksinasi. Dalam imunologi, kedua istilah ini sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Imunisasi merupakan proses individu menjadi lebih kebal terhadap penyakit tertentu, misal dengan pemberian vaksin. Sementara vaksinasi berarti proses pemberian antigen (molekul yang bisa menimbulkan respon imun atau kekebalan tubuh) ke dalam tubuh sesorang.

“Meskipun kedua istilah ini sedikit berbeda, namun di masyarakat umum kedua istilah ini sering digunakan bergantian yang berarti pemberian kekebalan tubuh. Hal ini bukanlah suatu masalah dalam pengaplikasiannya,” ujarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*