Smart Technology Sektor Pertanian di Kabupaten Dairi Sudah Harus Berbasis IoT

Ceo Telin dan Dosen Swiss German University (SGU), Dr. Ir. Sukardi Silalahi, MBA
Profil Ceo Telin dan Dosen Swiss German University (SGU), Dr. Ir. Sukardi Silalahi, MBA (KalderaNews/Dok. Pribadi)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sektor pertanian di Kabupaten Dairi perlu mendapatkan perhatian serius karena nyata-nyata menjadi tulang punggung ekonomi. Apalagi, sebanyak 49% lahan di Kabupaten Dairi memang lahan pertanian. Oleh sebab itu, kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB terhadap masyarakat harus ditingkatkan lagi dengan peningkatan kapasitas produksi dan masuk ke sektor hilir untuk produksi pertanian.

Ceo Telin dan Dosen Swiss German University (SGU), Dr. Ir. Sukardi Silalahi, MBA berpandangan digitalisasi desa menjadi sebuah keniscayaan. Perubahan-perubahan di teknologi digital sangat cepat. Pengembangan desa harus berbasis digital. Apalagi, saat ini hidup memang sudah di dunia digital mulai dari bangun tidur hingga berangkat tidur lagi, ada Instagram, Zoom, Google, Twitter, TikTok, Youtube, Whatsapp dan lain-lainnya.

“Digital ini sesuatu yang berkembang terus dan di tengah Covid-19 ini digital makin dipercepat. Kita harus memulai sekarang juga, meski terlambat dibanding negara-negara lain,” tegasnya di acara Sharing Session “Pengembangan Desa di Era Digital” yang diselenggarakan Program MBA Swiss German University (SGU) bekerjasama dengan Telin dan Pemda Kabupaten Dairi pada Sabtu, 27 Juni 2020.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*