Diterima di Michigan Tech University, Begini Kiat Tri Purnamasari Raih Beasiswa Fulbright

Sharing for Empowerment

“Misalnya dalam Beasiswa Fulbright yang merupakan beasiswa berbasis prestasi, berarti sponsor beasiswa akan melihat prestasi serta karakter penerima beasiswa. Dari apa yang saya lihat, mereka memperhatikan karakteristik kepemimpinan. Nah, itu bisa tercermin dari esai kita, atau formulir aplikasi, atau melalui sesi wawancara, atau pengalaman kita,” kata dia.

Menurut Tri, salah satu penyebab gagal memenangkan beasiswa adalah kurangnya referensi. Dalam persiapannya, ia membaca banyak artikel, informasi, dan mengikuti berbagai sesi berbagi dari orang-orang yang telah berhasil mendapatkan beasiswa di luar negeri. Dari sana ia mencoba menerapkannya ke dalam proses persiapannya.

Dia menambahkan, pengalaman penelitian juga merupakan aset penting untuk pekerjaan atau studi pascasarjana.

“Jika ada kesempatan untuk melakukan penelitian atau menulis jurnal dari dosen, jangan lewatkan. Ini akan menjadi pengalaman berharga dalam menerapkan teori-teori praktis yang telah kita pelajari, ”katanya.

Dia menyarankan semua mahasiswa untuk tidak pernah menyerah. Bahkan di awal perjalanannya, dengan lingkungan baru dan tinggal jauh dari keluarganya, dia hampir menyerah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*