Dekan FTIS Unpar: Brand Building Perlu Waktu, Kesabaran dan Konsistensi

Sharing for Empowerment

“Tentunya ketika memilih hal yang sesuai dengan keinginan, kita akan bahagia dan akan terus bersinar di bidang yang digeluti,” tandas alumnus S3 Ludwig-Maximilians Universität (Uni-München), Munich, Jerman seperti dikutip situs resmi Unpar.

Selanjutnya, ia menekankan pentingnya strategi dalam membangun brand. Branding adalah suatu aktivitas pemasaran bahwa kita berbeda dengan orang lain. Branding juga merupakan cara kita mampu meng-connect produk kita dengan customer.

Brand sebagai salah satu upaya usaha untuk bertahan dan bersaing. Logo hanyalah sebagian kecil dari cara membangun brand. Audiens, kompetitor, karakteristik brand, kualitas sampai manfaat, serta proses sampai perkembangan tidak kalah penting.

Branding tidak sama dengan marketing namun saling mendukung. Perbedaan marketing dengan branding dari segi fungsionalitasnya. Marketing bertujuan untuk membeli sedangkan branding bertujuan untuk menarik orang memilih barang kita dibanding yang lainnya.

Brand building tentu bukanlah sebuah proses yang singkat. Hal ini memerlukan waktu, kesabaran, serta kekonsistenan dari pemilik usaha. Alumnus S1 dan S2 Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menutup sesinya dengan sebuah kalimat, “To brand or not to brand, that is the question.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*