Thermogun Berbahaya bagi Kesehatan? Ini Penjelasan Badan Standardisasi Nasional

Sharing for Empowerment

Perbedaan thermogun klinik dan thermogun industri terletak pada rentang ukur dan jarak ukur. Thermogun klinik memiliki rentang ukur 32 – 42 °C, dengan akurasi sampai dengan 0,2 °C. Sementara, thermogun industri mempunyai rentang ukur sampai dengan 500 °C atau lebih, dengan akurasi sampai 1,5 °C.

Agar akurat, jarak ukur thermogun klinik tak bisa terlalu jauh. Umumnya pabrikan memberikan informasi tersebutdalam manualnya yang berkisar antara 1 – 10 sentimeter. Berbeda dengan thermogun klinik, thermogun industri dapat digunakan untuk mengukur suhu dari jarak jauh.

Sebagai alat ukur, thermogun harus dipastikan kebenaran hasil pengukurannya, karena hasil pengukuran itu akan digunakan tenaga medis untuk mendiagnosa pasien. Kesalahan diagnosa dapat berakibat kesalahan penanganan.

Maka, Ghufron mengatakan, masyarakat tidak perlu risau dengan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermogun sebagai salah satu rangkaian protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Penggunaan thermogun klinik secara benar tidak membahayakan pasien maupun petugas medis,” tegas Ghufron. Ia juga mengingatkan agar masyarakat menggunakan thermogun jenis klinik untuk mendapatkan hasil pengukuran yang lebih baik daripada thermogun industri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*