Unik, Undip Gelar Wisuda Daring Pakai Robot

Robot wisuda Universitas Diponegoro Semarang. (Ist.)
Robot wisuda Universitas Diponegoro Semarang. (Ist.)

SEMARANG, KalderaNews.com – Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah menggelar wisuda ke-159 di Gedung Soedharto secara daring, Senin pagi, 27 Juli 2020. Wisuda ke-159 Undip ini diikuti sekira 2561 wisudawan.

BACA JUGA:

Nah uniknya, wisuda kali ini menggunakan robot sebagai wakil wisudawan dan wisudawati. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak fisik dan kerumunan.

Ada tiga robot yang digunakan. Robot ini mengenakan pakaian wisuda lengkap dengan selempang bertuliskan “Cumlaude”. Sementara di bagian wajah robot terdapat layar untuk menampilkan wisudawan atau wisudawati yang mengikuti acara wisuda secara daring.

Robot wisuda ini merupakan modifikasi dari motor penggerak bagian bawah dan manekin. Selain bisa berjalan, robot ini juga bisa menggerakkan tangan untuk bersalaman.

Robot ini dikembangkan Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi Teknologi Kesehatan Undip Centger for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics and Bio Signal Processing. Robot tersebut telah dikembangkan selama satu bulan. Perancang robot adalah alumni tim Robotik Undip, Rofiq C. Prayoga.

Rektor Undip, Profesor Yos Johan Utama menyerahkan ijazah layaknya berinteraksi langsung dengan para wisudawan. Ia menjelaskan, penggunaan robot ini merupakan upaya memfasilitasi mahasiswa yang harus wisuda daring.

“Ini upaya untuk memudahkan. Insyaallah, nanti masih diwakili dengan model ini. Masih dikembangkan. Jadi, nantinya tidak hanya untuk masa pandemi Covid-19 ini saja, tetapi juga bisa membantu wisudawan yang memiliki masalah,” ujarnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*