Kejutan Tahun Depan, Kurikulum Baru dan Pengganti Ujian Nasional

Ilustrasi: Kurikulum baru akan diterapkan mulai tahun ajaran 2021/2022. (Ist.)
Ilustrasi: Kurikulum baru akan diterapkan mulai tahun ajaran 2021/2022. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kurikulum baru mulai diterapkan tahun ajaran 2021/2022 mendatang. Demikian dikatakan Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Maman Fathurrahman.

“Ada rencana, kurikulum baru launching sekitar Maret 2021, dan mulai implementasi tahun ajaran baru 2021/2022,” ungkap Maman.

BACA JUGA: 

Kurikulum baru ini juga akan diterapkan secara bertahap, dimulai dari sekolah penggerak. Sekolah penggerak ialah sekolah yang memiliki kepala sekolah lulusan program guru penggerak dan memiliki banyak guru penggerak. Sementara, guru penggerak adalah program pelatihan guru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan melatih guru agar terus berinovasi.

Kurikulum 2013, ujar Maman, tetap diberlakukan sebagai pilihan jika sekolah belum menerapkan kurikulum yang baru nanti. Yang membedakan kurikulum baru ini, kata Maman, adalah penerapan konsep merdeka belajar di satuan pendidikan. Kurikulum baru lebih menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan tiap sekolah dan siswa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*