Psikolog Unika Soegijapranata: Mau Stres atau Happy Saat PJJ Daring Itu Pilihan

Sharing for Empowerment

Membawakan materi dengan tema “Tetap Bahagia Mendidik dengan Serba Daring”, Lucia menyentil beragam problem yang timbul dari pelaksanaan PJJ daring di sekolah-sekolah saat ini.

“Pola pembelajaran baru yang serba online bukan perkara muda. Semua kalangan belum siap, para guru, siswa-siswi dan juga orang tua. Oleh karena itu, pelaksaan PJJ daring menimbulkan banyak para guru dan siswa serta orang tua stres,” katanya.

Situasi stres, menurut Lucia, akan mempengaruhi kerja otak. Stres akan menimbulkan emosi-emosi negatif pada otak dan akan menghambat proses kerja dari emosi-emosi positif yang ada.

Stres dan happy, lanjutnya, merupakan dua kutub berbeda. Maka persoalannya menurut Lucia adalah sikap atau cara masing-masing pribadi berhadapan dengan kondisi saat ini, memilih stres ataukah happy.

“Soalnya adalah kita mau memilih stres ataukah happy. Happy itu tidak datang dengan sendirinya, tetapi sesuatu yang diupayakan,” tegasnya.

Ia melanjutkan bahwa saat memilih happy maka kita akan dipenuhi emosi-emosi positif, demikian sebaliknya. Saat memilih unhappy kita akan dikuasai emosi-emosi negatif. Emosi-emosi positif antara lain rasa senang, bahagia, gembira, semangat, joy, humor, fun, love, sharing good news, dan triggers.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*