Apa Itu Program Guru Belajar Besutan Kemendikbud

Sharing for Empowerment

Sebelumnya, program ini telah diujicobakan kepada 984 guru yang terdiri dari 208 Guru PAUD, 257 Guru SD, 261 Guru SMP, serta 258 Guru SMA dan SMK. Informasi lebih lanjut dapat mengakses laman resmi: gurubelajar.kemdikbud.go.id.

Keberhasilan Program Guru Berbagi

Beberapa waktu lalu, Kemendikbud telah meluncurkan portal digital Guru Berbagi (guruberbagi.kemdikbud.go.id). Melalui portal ini, para guru dan praktisi pendidikan dapat saling berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), artikel-artikel edukatif, dan bahan-bahan belajar. Bahan dapat diakses secara gratis mulai dari jenjang PAUD hingga SMA/SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Portal Guru Berbagi telah diakses 41.572.183 pengguna dan sebanyak 10.264.025 RPP telah diunduh dan dimanfaatkan oleh guru-guru di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan langkah Kemendikbud menjawab tantangan pembelajaran masa pandemi, khususnya meringankan beban guru dan praktisi pendidikan.

Platform Guru Berbagi tak hanya bermanfaat untuk saling bertukar RPP dan mencari bahan, para guru pun dapat bertukar pikiran dan menulis artikel refleksi pada situs ini. Sebanyak 3.317 artikel refleksi pembelajaran para guru telah dimuat. Ditjen GTK juga telah meluncurkan seri Webinar Guru Belajar pada 29 Juni s.d. 30 Juli 2020 yang diikuti puluhan ribu guru dan tenaga kependidikan, untuk membantu guru mempersiapkan tahun ajaran baru.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*