Perhatian! Kualitas Tugas Jadi Kunci Jitu Asesmen Nasional Sukses

Merdeka Belajar mencakup 5M dengan kompetensi guru sebagai kunci untuk capai tujuan Merdeka Belajar (KalderaNews/Syasa Halima)
Merdeka Belajar mencakup 5M dengan kompetensi guru sebagai kunci untuk capai tujuan Merdeka Belajar (KalderaNews/Syasa Halima)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bukik Setiawan, Ketua Yayasan Guru Belajar dan Perintis Komunitas Guru Belajar berbagi kiat yang harus dilakukan pada Obrolan Guru Merdeka Belajar, sebuah webinar dari Kampus Guru Cikal. Ia menyampaikan ada tips berbeda yang harus diterapkan kepala sekolah dan guru jika ingin Asesmen Nasional sukses.

“Sebenarnya Asesmen Nasional merupakan ini merupakan kesempatan yang baik untuk kita semua untuk mengakhiri tren negatif dari kualitas pembelajaran kita yang selama 15 tahun terus mengalami penurunan. Harapannya, dengan Asesmen Nasional kualitas pembelajaran kita naik,” ujarnya.

Pembahasan kali ini menyorot kepada upaya yang harus dilakukan di lingkungan sekolah pada lingkup guru.

BACA JUGA:

Lakukan Asesmen di Awal Pembelajaran

Ia menuturkan bahwa guru harus melakukan asesmen di awal pembelajaran untuk memahami kompetensi awal murid terkait kompetensi literasi, numerasi, dan karakter sebagai dasar untuk menyusun perencanaan pembelajaran.

“Istilahnya, ini merupakan asesmen diagnosis. Saya percaya, guru dan sekolah dengan dukungan yang tepat, mampu menyusun asemen literasi, numerasi, dan karakter. Tidak harus sempurna, bikin dulu aja. Nanti jika ada masukan, nanti kita perbaiki. maka Mulailah membiasakan buat asesmen di awal pembelajaran,” tuturnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*