Perhatian! Kualitas Tugas Jadi Kunci Jitu Asesmen Nasional Sukses

Sharing for Empowerment

Lakukan dan Perbanyak Asesmen

Melakukan dan memperbanyak pelaksanaan asesmen formatif berbasis kompetensi literasi, numerasi, dan karakter sebagai dasar untuk penyesuaian pembelajaran.

Ia mengajak para guru yang belum pernah menyusun asesmen untuk segera melakukannya. Lalu, guru yang sudah pernah, maka perbanyak asesmen formatif sebagai dasar penyusunan pembelajaran.

Kurangi Tugas

Mengurangi jumlah tugas sekaligus meningkatkan kualitas tugas yang bisa berkontribusi pada peningkatan kompetensi literasi, numerasi, dan karakter. Ia menuturkan bahwa terlalu banyak tugas dapat menghabiskan energi guru saat bekerja.

“Semakin dikurangi, maka guru akan semakin memiliki banyak waktu untuk memberikan tugas berkualitas bagus. Jika tugas semakin banyak, maka energi guru semakin habis. Tugasnya sedikit saja, namun berkualitas dengan memberikan umpan balik kepada murid,” ucapnya.

Tip pada guru sangat menekankan pada kualitas pengayaan dan tugas yang diberikan kepada murid. Pada hakikatnya, Asesmen Nasional merupakan alat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Murid menjadi senang belajar karena tidak menghafal dan dibanding-bandingkan dengan murid yang lebih pintar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*