Guru Harus Tahu Cara Mengajar Online Agar Tidak Terlalu Merasa Terisolasi!

Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar daring (KalderaNews/Ist).
Ilustrasi kegiatan belajar dan mengajar daring (KalderaNews/Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bekerja dari rumah bisa jadi sulit bagi pendidik karena guru merasa lebih menghabiskan energi untuk siswa dan rekan kerjanya. Jika mengajar luring, lalu guru merasa lelah, maka dapat mengisi ulang energi dengan bertemu teman. Lain halnya ketika mengajar daring, lalu ditambah guru merasa tidak efektif untuk menyampaikan materi.

Dilansir dari edutopia.org, para pendidik bekerja dari rumah merasa selalu tertekan yang disebabkan oleh beragam faktor, baik finansial hingga beban kasus yang terlampau tinggi. Pandemi membuat guru butuh dukungan mental dan emosional dari pihak sekolah.

Bekerja dari rumah membutuhkan rasa kerelaan yang lebih tinggi jika tidak berjalan sesuai rencana. Adakalanya guru berharap kesempurnaan dari mengajar jarak jauh sehingga para murid dapat memahami materinya. Demi mengurangi rasa terbelenggu, alangkah lebih baik jika tenaga pendidik menerapkan beberapa tips mengajar onlinedari segi emosional.

BACA JUGA:

Memaafkan Diri Sendiri

Suka tidak suka bekerja dari rumah harus siap dengan realita. Hendaknya guru menyusun rancangan pembelajaran yang mudah digapai oleh dirinya sendiri dan siswa. Langkah sederhana yakni guru harus bisa memaafkan diri sendiri karena ketidaksempurnaan ketika mengajar jarak jauh. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, lebih baik fokuslah kepada perbaikan untuk mengembalikan rasa percaya siswa kepada guru.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*