5 Aktivitas Seru untuk Tumbuhkan Design Thinking Pada Siswa

Ilustrasi design thinking (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi design thinking (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Design Thinking merupakan salah satu cara berpikir kritis untuk menemukan jalan keluar yang solutif dan tepat sasaran. Hal ini penting untuk menimbulkan atau meningkatkan keahlian berpikir kritis, motivasi, empati, dan kolaborasi.

Keahlian design thinking merupakan salah satu komponen penting pendidikan di masa depan. Terdapat lima cara agar siswa dapat berpikir secara sistemik. Cara ini dapat digunakan untuk kelas online.

Mulailah dengan Pemanasan Kreativitas

Untuk membantu siswa masuk ke pola pikir berpikir desain, mulailah dengan latihan pemanasan. Kami senang memberi siswa selembar kertas dengan beberapa lingkaran digambar di depan. Kemudian, minta mereka untuk membuat lingkaran kosong menjadi sebanyak yang mereka bisa pikirkan.

BACA JUGA:

Anda dapat berbagi beberapa ide untuk membantu siswa memulai (bola sepak, globe, wajah tersenyum, dan jam). Siswa akan melatih otot kreativitas mereka sebelum mereka terjun ke pemikiran desain.

Latihan Mendengarkan dan Memahami dengan Wawancara

Pemikiran desain adalah tentang mendengarkan dan memahami apa yang dibutuhkan orang. Sebelum siswa dapat merancang solusi, mereka perlu belajar tentang kebutuhan orang lain dan masalah sehari-hari yang mereka hadapi. Dalam kegiatan ini, siswa berlatih mengamati dan mendengarkan orang yang mereka coba bantu: teman sekelasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*