Memahami Toxic Positivity dan Ciri-Cirinya, Ucapan Penyemangat Jadi Racun

Sharing for Empowerment

Merasa Terintimidasi

Pada dasarnya, semua manusia hanya ingin dimengerti pada situasi tertentu, seperti saat sedang terpuruk atau sedih. Kadangkala, mereka ingin didengarkan dan diberi kesempatan untuk bercerita. Namun, terkadang ada saja ungkapan “kamu kurang bersyukur, di luar sana masih banyak yang kurang beruntung.” Bukannya merasa lebih baik, malah merasa terintimidasi seakan-akan menjadi orang yang tidak bersyukur.

Bagi kamu yang sedang merasa di posisi kurang beruntung, merasa sedih adalah sesuatu yang normal. Tidak apa-apa sedih terlebih dahulu, asalkan sesuai porsi dan jangan lupa untuk bangkit lagi.

Jadi, bagaimana kamu harus menanggapi teman ketika mereka menawarkan toxic positivity daripada dukungan yang tulus? Brewer pada jurnal Cat Rodie memperingatkan bahwa ini bisa rumit, tetapi menyarankan untuk bersikap terbuka. Awali percakapan seperti, ‘akan sangat bagus jika kamu bisa mendengarkan saja, kamu tidak perlu memperbaiki apa pun,’ atau meminta didengar tanpa nasihat apapun, jika ada solusi, maka akan lebih baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*