KPAI Berikan Rekomendasi SOP Ideal Persiapan Buka Sekolah Saat Pandemi Covid-19

Sharing for Empowerment

“Menurut saya bentuk keterbukaan merupakan upaya untuk pencegahan (Covid-19) dari pemda. Sebenarnya, ketika merelaksasi SKB 4 Menteri, lalu menyerahkannya kepada pemerintah daerah, walaupun nanti pusat ada, menurut saya tidak bisa begitu karena menyerahkan ke pemda itu menakutkan. Kita tidak bisa mengukur seberapa jauh pemerintah daerah peduli,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa dari aspek sekolah masih banyak yang belum mengerti membuat Satuan Operasional Prosedur (SOP) yang ideal. Sekolah harus memiliki ruang isolasi darurat dan MOU dengan dinas kesehatan sebelum membuka sekolah.

“Dalam SOP, ada namanya situasi darurat ketika seorang anak datang dengan suhu 37,3. Maka dia harus berada di isolasi sementara dan enggak boleh di UKS. Isolasi sementara ada di dekat gerbang supaya jika Covid-19, maka tidak menyebar,” tegasnya.

Lalu, siswa duduk di ruang isolasi selama 30 menit untuk mengetahui apakah panasnya berasal dari terik matahari atau bukan. Jika bukan, maka sekolah telepon orang tua untuk menjemputnya. Akan tetapi, jika orang tua bekerja, maka sekolah harus memanggil tenaga kesehatan. Maka dari itu, sekolah juga harus memetakan jarak dengan fasilitas kesehatan terdekat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*