KPAI Berikan Rekomendasi SOP Ideal Persiapan Buka Sekolah Saat Pandemi Covid-19

Sharing for Empowerment

KPAI datang 8 provinsi, 21 kabuptaen/kota, 48 sekolah dari jenjang SD, SMP, SMK, kecuali TK dan SLB. Masih banyak sekolah yang tidak membuat SOP khusus anak yang naik kendaraan umum dan memang tidak memiliki kendaraan pribadi.

“SOP Khusus misalnya tidak memakai seragam ketika berangkat sekolah. Seragamnya disimpan dulu, berangkat dengan baju bebas, kemudian pakai masker. Sampai di sekolah diukur suhunya, cuci tangan, disinfektan, lalu sekolah sediakan ruang ganti sesuai jumlah siswa yang memakai transportasi umum,” jelasnya.

Agar ruang ganti sesuai jumlah dengan kondisi steril, maka sekolah harus lakukan pemetaan anak-anak yang naik sekolah dengan kendaraan umum, Dengan begitu, seragam yang masuk ke kelas benar-benar steril.

Retno berharap temuan KPAI berdasarkan data dan fakta bisa jadi catatan nasional. Ia pun tidak luput mempertimbangkan keadaan sekolah di daerah yang akan melaksanakan pilkada.

“Kami merekomendasikan 270 kabupaten/kota yang ada pilkada tidak membuka sekolah terlebih dahulu. Tunggu landai dulu. Kalau kita ingin melindungi anak-anak dan guru, tunggu terlebih dahulu berapa kasus karena pasti terjadi pelonjakan kasus,” paparnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*