Inilah 10 Tokoh Lingkungan Penerima Penghargaan Kalpataru 2020

Sharing for Empowerment

Sadikin

Nyawa putri Sadikin, seorang warga Kampung Jawa, Bengkalis, Riau terenggut akibat terkena infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan kebakaran lahan gambut. Sadikin adalah anggota relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang diinisiasi oleh Kelurahan Sei Pakning, yang bertugas memadamkan api dan mencegah kebakaran. Ia juga memulai penanaman nanas di lahan bekas terbakar bersama Kelompok Tani Tunas Makmur.

Kategori Pengabdi Lingkungan

Wasito

Wasito, seorang aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Dia berupaya keras mengatasi abrasi dan banjir rob di pantai utara Pulau Jawa. Sejak 2006, Wasito sudah berhasil menanam 248.000 mangrove di lahan seluas 30 hektar di Kendal.

Saraba

Saraba, guru Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar yang mengabdikan diri untuk merehabilitasi hutan mangrove di Tamalanrea dan Biringkanaya, Makassar. Ia berhasil menghijaukan area pesisir pantai seluas 50 hektar.

Kategori Penyelamat Lingkungan

Masyarakat Hutan Adat (MHA) Punan Adiu

MHA Punan Adiu berada di Malinau, Kalimantan Utara. Komunitas ini menghadapi berbagai tantangan dan ancaman kerusakan alam. Untuk menjaga kearifan lokal dan menjaga hutan, mereka menyelamatkan hutan adat seluas 17.000 hektar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*